Logo Header

Buka Pelaksanaan Gelar Wasda, Bupati Selayar: Bangun Sinergita Wujudkan Pemerintahan Bersih

Redaksi
Redaksi Senin, 19 Desember 2022 23:07
Bupati Basli Ali usai membuka Pelaksanaan Gelar Wasda.
Bupati Basli Ali usai membuka Pelaksanaan Gelar Wasda.

WAJAHINDONESIA.CO.ID, SELAYAR – Pelaksanaan Gelar Pengawasan Daerah (Gelar Wasda) Tahun 2022 dibuka secara resmi oleh Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali di Ruang Pola Kantor Bupati, Senin (19/12/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Inspektorat Kabupaten, merupakan media komunikasi dan evaluasi atas hasil pelaksaan pembinaan dan pengawasan atas penyelenggaraan pemerintah daerah yang telah dilaksanakan pada tahun 2021.

“Melalui forum gelar Wasda ini, saya mengharapkan agar pihak-pihak terkait, dapat membangun sinergitas dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang bersih, berwibawa, bebas KKN, melalui penerapan tata kelola pemerintahan, manajemen resiko dan sistem pengendalian internal yang memadai,” ucap Basli Ali Bupati Kepulauan Selayar.

Sejauh ini kata Bupati, sistem pengendalian internal yang dibangun sudah ada pengaruh terhadap opini BPK yang wajar tanpa pengecualian (WTP. Alhamdulillah Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar mendapatkan Opini WTP sejak tahun 2016 sampai dengan Tahun 2022 atau tujuh kali secara berturut-turut, jelas Basli Ali

Selain itu, lanjut Bupati bahwa indeks SPI Tahun 2022 Kabupaten Kepulauan selayar adalah 73.1, meningkat dianding Tahun 2021 yaitu 55.57, berada di atas standar nilai SPI nasional yang ditetapkan sebesar 72. Juga berada diperingkat 13 dari 25 Kabupaten/kota dan provinsi.

Basli Ali menambahkan, nilai MCP Kabupaten kepulauan Selayar sampai dengan Triwulan III saat ini adalah 66 persen, sudah meningkat dibanding Tahun 2021 yang mencapai nilai 64 persen. “Masih ada waktu penginputan dokumen sampai dengan 10 Januari 2023. Olehnya itu saya berharap menjadi perhatian serius bagi perangkat daerah yang menjadi pengampuh pada delapan area intervensi,” sambungnya.

Diakhir sambutannya, Bupati mengajak kepada semua perangkat daerah untuk tahun depan dapat lebih mempertajam pada agenda-agenda strategis dalam mengawal penyelenggaraan pemerintahan daerah agar menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Bupati juga menyerahkan penghargaan kepada OPD, desa dan Inspektur pembantu dalam kategori OPD dengan pengelolaan keuangan terbaik, OPD dan Desa dengan penyelesaian tindak lanjut terbaik, dan Inspektur pembantu dengan penyelesaian LHP tercepat.

Dalam Gelar Wasda ini menghadirkan narasumber Inspektur Daerah Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakilkan kepada Sekretaris Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Narasumber lainnya adalah Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kepulauan Selayar.

Sementara untuk peserta terdiri dari para Kepala OPD para Camat Desa dan Lurah, para Kepala Bagian, para Inspektur pembantu Inspektorat Daerah, serta para pejabat fungsional auditor/PPUPD Inspektorat Daerah.

Redaksi
Redaksi Senin, 19 Desember 2022 23:07
Komentar