Datangkan Imigran India, HMJ MHU UIN Alauddin Makassar-IOM Gelar Festival Culture Week

WAJAHINDONESIA.CO.ID, MAKASSAR – Jurusan Manajemen Haji dan Umroh, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), UIN Alauddin Makassar bekerja sama dengan International Organization of Migration (IOM) menggelar Festival Culture Week di LT FDK, Senin (12/12/2022) kemarin.

Festival Culture Week megusung tema “I am a Migrant” dan mendatangkan beberapa imigran dari India.

Dalam festival itu, juga memutarkan beberapa film dokumenter dengan tujuan mengenalkan bagaimana kondisi imigran yang ada di Indonesia.

Festival tersebut dihadari oleh dua narasumber yaitu Ketua IOM Um Migration, Yulimonsiboat dan juga salah satu sutradara dari film yang ditayangkan, Rahmat.

Dalam sambutannya Ketua IOM Um Migration, Yulimonsiboat mangatakan bahwa setiap pengunsi atau imigran dapat mengaakses pelayanan perlindungan dari Unit Pelaksana Teknik Daerah (UPTD) Kota Makassar.

“Hal tersebut mencakup pelayanan rumah aman, medis, pendampingan hukum, konseling dan sebagainya,” ungkapnya.

Pemateri kedua, Rahmat juga menjelaskan bahwa untuk menjadi sutradara ada dua hal yang harus dimiliki.

Yang pertama adalah kecerdasan intelektual. Yaitu bagaimana seorang sutradara  bisa menulis, mengetahui struktur, pandai akting dan juga mengetahui unsur aturn

“Yang kedua ialah kemampuan psikologi yaitu kemampuan bagaimana kita bisa mengerti dan mengenal dengan baik apa yang sedang kita kerjakan,” katanya.

Acara tersebut diakhiri dengan penampilan tarian khas budaya India oleh beberapa imigran untuk menghibur peserta yang datang.

Citizen Reporter: Krisda Ekawati (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar)

Berita Terkait
Baca Juga