Logo Header

Anggota Komisi VI DPR RI Apresiasi Pencapaian Inklusi Keuangan Holding Ultra Mikro

Akbar Putra
Akbar Putra Selasa, 29 November 2022 10:49
Anggota Komisi VI DPR RI Apresiasi Pencapaian Inklusi Keuangan Holding Ultra Mikro

WAJAHINDONESIA.CO.ID,Makassar – Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Nasdem, Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan 1, H. Muhammad Rapsel Ali menggelar sosialisasi holding BUMN sebagai lokomotif kebangkitan ekonomi masa depan, Selasa (11/10/2022).

Sosialisasi yang melibatkan ratusan pelaku usaha dan driver ojol di Kota Makassar ini diisi oleh narasumber dari kalangan akademisi dan praktisi media.

Mereka diantaranya ialah Dosen Universitas Negeri Makassar, Dr. Aris Baharuddin dan Direktur Kabar Group Indonesia, Upi Asmardhana.

Bertempat di Ballroom Theater Lt. 3 Menara Phinisi UNM Kota Makassar, Rapsel Ali menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan untuk membangkitkan ekonomi masa depan, pasca pandemi covid-19 yang melanda kurang lebih dua tahun.

“BUMN harus kita dorong untuk turut serta memakmurkan masyarakat dan kebangkitan ekonomi berbasis potensi daerah, apalagi kita baru dilanda pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir,” kata Rapsel.

Visi BRI Sebagai “Champion Of Financial Inclusion” Sejalan dengan visi pemerintah yang mencanangkan tingkat inklusi keuangan mencapai 90% pada tahun 2024. Peningkatan inklusi keuangan tersebut juga harus diikuti peningkatan literasi keuangan dimana menurut OJK literasi keuangan kita baru mencapai 38,03% pada tahun 2019, Tambahnya.

Rapsel juga mengpresiasi kehadiran agen BRILink sebagai produk unggulan Bank BRI, yang dimana sampai saat ini telah mencapai 584 ribu agen dan menjangkau 57.618 desa.

“Transaksi di angen BRILink dari januari – agustus 2022 saja sudah mencapai 855,5 Triliun rupiah dengan total 709 juta transaksi. Tentu kehadiran BRILink ini mempermudah pemberian akses pelayanan keuangan kepada masyarakat dan membuka lapangan kerja serta meningkatkan pendapatan masyarakat” Tutup Rapsel Ali.

Akademisi, Aris Baharuddin menyampaikan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang baru merintis usaha dan yang ingin mengembangkan usahanya. Menurutnya pelaku usaha, terutama UMKM ialah penopang perekonomian bangsa.

“Kegiatan ini bermanfaat bagi warga yang baru mau merintis usaha dan yang mau mengembangkan usahanya untuk naik kelas agar dapat bersaing dengan pelaku usaha luar negeri,” ujarnya.

Sementara itu, jurnalis senior Upi Asmardhana mengatakan peran media mainstream saat ini sangat dibutuhkan untuk mengembangkan usaha pelaku UMKM.

Melalui media mainstream, produk-produk yang dipasarkan dapat diakses lebih luas oleh pasar.

“Lebih dari 150 juta berbelanja produk secara online. Ini adalah potensi dan kesempatan yang baik bagi pelaku usaha. Pandemi membuat pola hidup berubah, yang sebelumnya konvensional berubah menjadi digital,” ucapnya.

Upi Asmaradhana juga menggambarakan bagaimana dampak positif dari adanya kebijakan Holding Ultra Mikro yang melibatkan Bank BRI, Pegadaian dan PNM.

“Setahun setelah terbentuk Holding Ultra Mikro terbukti telah berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat inklusi keuangan. BRI yang menjadi Induk holding Ultra Mikro dengan bersinergi bersama Pegadaian dan PNM bertujuan untuk membuka akses pelayanan keuangan yang lebih luas kepada masyarakat” Tambahnya.

“Berdasarkan data hingga agustus 2022 tercatat jumlah nasabah yang diintegrasikan ketiga entitas holding UMi mencapai 23,5 Juta Nasabah dengan total outstanding pembiayaan sebesar 183,9 Triliun rupiah. Disamping itu BRI Berhasil menaik kelaskan 1,8 Juta Nasabah KUR Mikro ke komersial tahun 2021 dan ditahun 2022 diprediksikan nasabah yang berhasil dinaikkelaskan mencapai 2,2 Juta Nasabah” Tutup Upi.

Akbar Putra
Akbar Putra Selasa, 29 November 2022 10:49
Komentar