Logo Header

Tingkatkan SDM Nelayan, Wabup Saiful Arif Buka Diklat BSTKLM dan SKK 60 Mill

Redaksi
Redaksi Senin, 24 Oktober 2022 14:07
Diklat BSTKLM dan SKK 60 Mill.
Diklat BSTKLM dan SKK 60 Mill.

WAJAHINDONESIA.CO.ID, SELAYAR – Untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan akan pentingnya keselamatan transportasi, Wakil Bupati Kepulauan Selayar membuka Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pemberdayaan bagi masyarakat nelayan dan pelaut Selayar.

Adapun jenis diklat yang diberikan yaitu Basic Safety Training kapal Layar Motor (BSTKLM) dan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) 60 Mil Angkatan XXVII ini dilaksanakan selama 7 hari, 24 – 29 Oktober 2022.

Wakil Bupati Saiful Arif mengapresiasi terselenggaranya diklat ini, berharap terselenggaranya acara ini bisa membawa dampak baik untuk masyarakat.

Kabupaten Kepulauan Selayar memiliki garis pantai yang sangat luas dengan berbagai potensi didalamnya, Lanjut Wabup Saiful Arif dalam acara pembukaan diklat di Hotel Rayhan Senin (24/10).

Oleh karena itu, diklat pemberdayaan ini adalah hal penting sebagai salah satu upaya untuk memberi peningkatan sumber daya manusia (SDM) di bidang kelautan khususnya kapasitas dan keselamatan nelayan dalam mendukung pekerjaan sehari-harinya dilaut.

kegiatan yang dikuti nelayan dan pelaut kapal tradisional ini mampu meningkatkan kemampuan dan wawasan dalam penerapan aturan dan keselamatan berlayar,” harapnya

Sementara itu Perwakilan Direktur Politeknik Pelayaran Barombong, Abu Bakar, mengatakan diklat ini diperlukan untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat Selayar di sektor kelautan.

“Basic safety training adalah pelatihan dasar keselamatan yang diwajibkan bagi siapapun yang mengoperasikan kapal pelayaran motor ” terangnya

Dengan adanya diklat ini, Abu berharap wawasan, keterampilan dan pengetahuan nelayan dan pelaut dalam wilayah Kepulauan Selayar dapat meningkat serta bisa meminimalisir kecelakaan pelayaran.

Abu Bakar juga menyampaikan apresiasi atas tingginya antusias masyarakat untuk mengikuti diklat ini, tercatat 100 nelayan dan pelaut kapal tradsional
ikut berpartasi sebagai peserta diklat.

“Semoga Pelaksanaan diklat ini mampu membawa perubahan yang baik bagi nelayan sebagai salah satu sasaran dalam upaya pembangunan pada sektor kelauatan khususnya perikanan” pungkasnya.

Pada Pembukaan kegiatan diklat ini juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara Politeknik Pelayaran Barombong dengan KUPP Kelas III Selayar dan KUPP Kelas III Jampea.

Redaksi
Redaksi Senin, 24 Oktober 2022 14:07
Komentar