Logo Header

Pemkab-PD Muhammadiyah Selayar Gelar Baksos Khitanan Massal Serentak 11 Kecamatan

Redaksi
Redaksi Senin, 11 Juli 2022 12:20
Wabup Selayar saat menghadiri pembukaan Baksos Khitanan Massal PD Muhammadiyah.
Wabup Selayar saat menghadiri pembukaan Baksos Khitanan Massal PD Muhammadiyah.

WAJAHINDONESIA.CO.ID, SELAYAR – Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kepulauan Selayar bekerjasama dengan Pemkab Selayar melaksanakan bakti sosial khitanan massal, serentak pada 11 Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Seremoni pembukaan bakti sosial khitanan massal ini berlangsung di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Selayar, Senin (11/7/2022) dibuka oleh Wakil Bupati H. Saiful Arif, S.H.

Selain Wabup, hadir Ketua Muhammadiyah Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. Abdullah, M. Pd., bersama jajarannya, Ketua Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah Selayar Muhammad Arsyad, SKM., M. Kes., MSCPH. Kadis Kesehatan dr. Husaini M. Kes, Direktur RSUD KH. Hayyung. dr. Hazairin Nur, Kepala Puskesmas Benteng dr. Frengky Wijaya bersama undangan lainnya.

Total peserta khitanan massal yang sudah diregistrasi oleh panitia dari 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar sebanyak 216 anak, dengan melibatkan 14 puskesmas ditambah dengan RSUD Kh. Hayyung Selayar.

Demikian diungkapkan Ketua MPKU Muhammadiyah Selayar Muhammad Arsyad dalam laporannya di hadapan Wakil Bupati Kepulauan Selayar.

“Dilihat dari jumlah puskesmas yang terlibat dalam pelaksanaan khitanan massal ini, tahun ini terjadi peningkatan dalam hal pelaksananya,” ungkap Muhammad Arsyad.

Sedangkan Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, S.H saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga atas terselenggaranya kegiatan bakti sosial tersebut. Saiful Arif mengungkapkan rasa bangga dan bahagianya karena menurutnya itu adalah bukti kerja sama Muhammadiyah dengan Pemda Kepulauan Selayar dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya dalam khitanan massal.

Menurut Wabup, khitanan massal bukan semata-mata melaksanakan tradisi agama saja, tetapi juga melaksanakan tradisi kesehatan.

“Ditinjau dari segi kesehatan, saya pernah membaca buku sebagai referensi, bahwa orang-orang mesir kuno waktu itu belum memeluk agama Islam tapi sudah melaksanakan khitanan,” jelas Wabup Saiful Arif.

Sementara Ketua Muhammadiyah Kabupaten Kepulauan Selayar Drs. Abdullah, M. Pd saat dimintai keterangannya mengatakan kegiatan khitanan massal ini dimulai sejak tahun 2017, namun sempat terputus karena pandemi Covid 19.

“Khitanan massal yang kita laksanakan hari ini adalah yang kelima kalinya dengan melibatkan sembilan puskesmas daratan dan lima puskesmas kepulauan,” kata Abdullah.

Abdullah berharap, khitanan massal tersebut bisa membantu masyarakat khususnya masyarakat miskin. Abdullah juga kembali mempertegas bahwa khitanan massal ini kerja sama Muhammadiyah dengan Pemda Kepulauan dengan melibatkan beberapa unsur diantaranya organisasi profesi seperti Ikatan Dokter Indonesia, persatuan perawat Indonesia, Lazismu, MPKU, Persakmi, Ikatan Apoteker Indonesia dan unsur lain yang ikut mensukseskan khitanan massal tersebut.

Salah satu orang tua anak, Kasman yang ikut kegiatan ini berterima kasih dan merasa sangat bersyukur dan terbantu atas pelayanan khitanan massal gratis ini.

“Terima kasih saya kepada Muhammadiyah dan Pemkab Selayar, syukur dan terbantu sekalika dengan kegiatan ini, anakku bisa sunnat (Khitan) secara gratis” ucapnya dengan logat khas selayar.

Redaksi
Redaksi Senin, 11 Juli 2022 12:20
Komentar