Logo Header

Sekda Selayar Ajak Masyarakat tak Permasalahkan Waktu Pelaksanaan Shalat Idul Adha

Redaksi
Redaksi Senin, 04 Juli 2022 21:58
Sekda Selayar saat menggelar Rapat Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha.
Sekda Selayar saat menggelar Rapat Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha.

WAJAHINDONESIA.CO.ID, SELAYAR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Selayar Drs Mesdiyono, M. Ec. Dev mengimbau kepada umat muslim Selayar untuk tidak tidak mempermasalahkan pelaksanaan Sholat Idul Adha 1443 H Tahun 2022 Masehi.

Meskipun terjadi perbedaan pelaksanaannya antara versi pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) dan versi Muhammadiyah.

Mesdiyono mengajak untuk sama-sama melaksanakan shalat Idul Adha, walaupun terjadi perbedaan hari pelaksanaan, dengan harapan ibadah Idul Adha berjalan sukses, aman dan lancar.

Hal ini dikemukakan Sekda Kepulauan Selayar pada rapat pembahasan pelaksanaan hari raya Idul Adha 1443 H/2022 M di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Senin (4/7/2022) sore.

Dalam rapat itu terungkap, jemaah versi Muhammadiyah akan lebih awal melaksanakan Sholat Idul Adha tepatnya 9 Juli yang dipusatkan Taman Pelangi Benteng. Sedangkan untuk jemaah versi Pemerintah akan Sholat Idul Adha pada 10 Juli di Lapangan Pemuda Benteng.

“Untuk teknis pelaksanaannya, kita serahkan kepada masing-masing panitia, baik pemerintah maupun Muhammadiyah,” ucap Mesdiyono.

Jika cuaca tidak mendukung, sebagai alternatif pelaksanaannya ditempatkan di Mesjid Agung Al-Umaraini Benteng.

Dalam pertemuan tersebut hadir pula para Asisten, Kepala Kemenag Selayar Aswar Badulu, Staf Ahli Bidang Kesra, sejumlah pimpinan OPD terkait, PHBI, pimpinan Muhammadiyah, unsur dari Rutan Selayar serta undangan lain.

Sebagai informasi, hari raya Idul Adha ditetapkan berdasarkan hasil sidang isbat Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) jatuh pada tanggal 10 Juli 2022.

Kemenag menetapkan 1 Zulhijah 1443 Hijriyah jatuh pada Jumat (1/7/2022).

Jika dihitung, maka Hari Raya Idul Adha 1443 H akan dilaksanakan pada Minggu, 10 Juli 2022.

“Sidang isbat telah mengambil kesepakatan bahwa tanggal 1 Zulhijah tahun 1443 Hijriah ditetapkan jatuh pada Jumat tanggal 1 Juli 2022,” tutur Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa’adi, usai memimpin Sidang Isbat Awal Zulhijah, di Jakarta, Rabu (29/6/2022), dikutip dari laman Kemenag. (Diskominfo SP/Im)

Redaksi
Redaksi Senin, 04 Juli 2022 21:58
Komentar