Logo Header

Ketua KNPI Selayar Pertanyakan Regulasi Pengelolaan TNTB

Akbar Putra
Akbar Putra Selasa, 10 Mei 2022 09:31
Ketua KNPI Selayar Pertanyakan Regulasi Pengelolaan TNTB

WAJAHINDONESIA.CO.ID, KEPULAUAN SELAYAR – Kegaduhan yang menuai kontroversi antara pihak Balai Taman Nasional Taka Bonerate dan warga lokal di Pulau Tinabo hingga kini masih terus diperbincangkan. Tak terkecuali aktivis pemuda di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Selayar, Akbar Putra menyayangkan sikap tertutup oleh pihak Balai Taman Nasional Taka Bonerate. Ia mengaggap bungkamnya pihak balai berarti ada sesuatu yang disembunyikan.

“Hingga kini kita masih menunggu konfirmasi dari pihak Balai Taman Nasional Taka Bonerate terkait apa yang terjadi di Pulau Tinabo yang dinilai masyarakat lokal sebagai tindakan diskriminatif. Bungkamnya pihak TNTB berarti ada sesuatu yang disembunyikan, kita tidak tahu itu,” tegas Akbar, Selasa (10/5).

Akbar juga menanyakan terkait regulasi apa yang mendasari pihak Balai TNTB dalam hal pengelolaan wisata di Pulau Tinabo, karena yang ia tahu Balai TNTB di Selayar hanya ditugaskan sebagai petugas konservasi.

“Regulasi mana yang mendasari pihak balai sebagai pengelola kawasan untuk tujuan wisata yang hasilnya stag di internal Balai TNTB saja. Selama ini yang kita tahu, Pihak Balai TNTB hanya ditugaskan sebagai petugas konsrvasi di Pulau Tinabo bukan pengelola spot wisata di Selayar, terus apa kontribusi Balai hingga kini di Selayar? Itu yang jadi pertanyaan,” jelasnya.

Akbar berharap pihak Balai TNTB segera membuka ruang diskusi bersama masyarakat kawasan Pulau Tinabo, termasuk pemuda agar pemahaman terhadap tupoksi Balai TNTB di Selayar lebih diketahui oleh masyarakat luas.

“Bukalah ruang-ruang diskusi, agar masyarakat luas, terutama di Selayar tahu tupoksi Balai TNTB di Selayar selama ini, jangan tertutup terhadap publik,” tutupnya.

Akbar Putra
Akbar Putra Selasa, 10 Mei 2022 09:31
Komentar