Logo Header

Diskominfo Makassar Gelar Diskusi, Bahas Stok dan Harga Minyak Goreng Jelang Puasa

Redaksi
Redaksi Selasa, 29 Maret 2022 12:39
Coffe Morning Diskominfo Makassar.
Coffe Morning Diskominfo Makassar.

WAJAHINDONESIA.CO.ID, MAKASSAR – Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Makassar menggelar Coffe Morning di Up Normal Cafe, Selasa (29/3/2022). Stok dan harga minyak goreng jelang bulan puasa menjadi pembahasan.

Diskominfo mengundang Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Arlien Ariesta dan Pj Direksi PD Pasar Makassar Raya Thamrin Mensa.

Kepala Diskominfo Makassar, Mahyudin mengatakan, minyak goreng masih menjadi tren perbincangan di masyarakat.

Karenanya, dalam forum ini masyarakat bisa mendapatkan informasi tekait harga dan ketersediaan minyak goreng di Kota Makassr.

“Bukan hanya minyak goreng, bahan pokok lainnya yang menagalami kenaikan dan keterbatsan stok juga dibahas,” ucapnya Selasa (29/3/2022).

Kepala Dinas Perdaganagan Makassar Arlien Ariesta mengatakan, salah satu tugas Disdag adalah melakukan pemantaun harga di pasar.

Yang terjadi saat ini, ketidak seimbangan antara permintaan minyak goreng dan ketersediaan minyak goreng. Baik di retail maupun di pasar tradisional.

Infromasi dari Distributor, pre order yang dipesan lewat produsen hanya bisa dipenuhi 30 persen dari jumlah permintaan.

“Memag diakui bahwa stok terbatas, informasi dari distributor pre order mereka tidak terpenuhi 100 persen hanya 30 persen,” jelasnya.

Menurutnya, minyak goreng merupakan komoditas yang memiliki tingkat inflasi yang bervariasi, karena produksi bahan baku minyak goreng dipengaruhi harga global.

Tingginya harga minyak goreng terjadi sejak akhir tahun 2021 lalu.

Pemerintah kata Arlien sudah melakukan berbagai upaya, misalnya melakukan intervensi dengan menerapkan subsidi minyak kemasan dengan harga Rp14 ribu per liter.

Namun, kebijakan tersebut hanya bertahan dua bulan lebih, Pemerintah kemudian menghilangkan Harga Eceran Teritnggi (HET) minyak kemasan.

Sementara harga minyak curah diberikan HET Rp14 ribu per liter.

“Ada beberapa kendala sehingga HET minyak goreng curah Rp14 ribu dan premium diserahkan ke mkanisme pasar,” jelasnya.

Sementara itu, Pj Direksi PD Pasar Makassar Raya Thamrin Mensa menyampaikan, PD Pasar hanya sebatas melakukan pemantauan di pasar-pasar tradisional.

Sejauh ini, minyak goreng memang menjadi komoditas yang dikeluhkan masyarakat. Selain mahal, stoknya juga terbatas.

“Item-item yang mengalami kenaikan harga hanya minyak goreng, bawang putih, telur, dan cabai.

Redaksi
Redaksi Selasa, 29 Maret 2022 12:39
Komentar