Logo Header

Azwar Tekankan Generasi Penerus Bangsa Harus Dapat Pendidikan Layak

Redaksi
Redaksi Sabtu, 05 Maret 2022 16:01
Legislator Makassar, Azwar saat menggelar Sosialisasi Perda Penyelenggaraan Pendidikan.
Legislator Makassar, Azwar saat menggelar Sosialisasi Perda Penyelenggaraan Pendidikan.

WAJAHINDONESIA.CO.ID, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Azwar menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pendidikan di Hotel Tree, Sabtu (5/3/2022).

Pada kesempatan tersebut, Azwar mengatakan anak-anak diwajibkan menempuh pendidikan yang layak. Hal ini tidak lepas dari peran dari orang tua, tenaga kependidikan serta pemerintah baik eksekutif maupun legislatif.

“Pendidikan ini menjadi tanggungjawab orang tua yang dimulai dari keluarga, bukan dibebankan sepenuhnya kepada sekolah. Namun, hal ini tentu harus ditopang dengan proses yang bermutu dari tenaga pendidik di sekolah, agar para orang tua tidak terlalu kesulitan dalam mengajar anak-anak di rumah,” ujarnya.

Politisi PKS itu itu sangat berharap kepada seluruh masyarakat dan orang tua di daerah pemilihannya (Dapil) agar tidak berhenti memberikan pendidikan kepada anak-anaknya, utamanya dalam menempuh pendidikan di sekolah.

“Pendidikan itu bukan soal siapa yang kaya dan miskin, karena semua warga negara dan anak bangsa berhak mendapatkan pendidikan yang layak demi kemajuan bangsa, makanya kalau ada anak ta yang belum sekolah sampaikan ki ke pemerintah nanti akan dibantu untuk menempuh pendidikan, apalagi gratis,” jelasnya.

Sementara itu, Herman Hasim menekankan lima hal jika ingin meningkatkan kualitas pendidikan. Kelima poin itu adalah peningkatan kualitas guru, sarana dan prasarana, jumlah guru, kesejahteraan guru, serta bangunan fisik yang memadai.

Karenanya, dia berharap agar Pemerintah Kota Makassar melakukan sinkronisasi dan terus melaksanakan sosialisasi jika memang menginginkan pendidikan yang berkualitas.

“Kita berharap penyelenggaraan pendidikan di kota Makassar betul-betul bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat,” harapnya.

Di tempat yang sama, Malikati Qiptiah mengatakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan maka diperlukan peran serta orang tua dalam membantu proses pendidikan dasar anak di lingkup keluarga.

“Saya sampaikan ini kepada semua bahwa pendidikan itu penting bagi kita, saya merasakan sendiri bagaimana susahnya menempuh pendidikan dalam keadaan kurang mampu, tapi karena pemerintah menyediakan berbagai jalur agar semua warga negara berhak mendapat pendidikan yang layak,” terangnya.

Redaksi
Redaksi Sabtu, 05 Maret 2022 16:01
Komentar