Logo Header

Hamka B Kady Pastikan Kawal Pembangunan Bendungan Pamukkulu Takalar: Ini Janji Saya!

Redaksi
Redaksi Sabtu, 29 Januari 2022 16:32
Hamka B Kady Pastikan Kawal Pembangunan Bendungan Pamukkulu Takalar: Ini Janji Saya!

WAJAHINDONESIA.CO.ID, TAKALAR — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mempercepat penyelesaian pembangunan Bendungan Pamukkulu yang terletak di bagian hulu Sungai Pappa Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Komisi V DPR RI memastikan pembangunan Bendungan Pamukkulu akan selesai pada tahun 2024 mendatang.

Hal ini mengemuka saat Komisi V meninjau langsung bendungan Pamukkulu, Sabtu (29/1/2022).

Anggota Komisi V DPR, Hamka B Kady menjelaskan tujuan utama bendungan ini dibangun untuk meningkatkan keberlangsungan suplai air bagi lahan pertanian di Provinsi Sulsel sebagai lumbung pangan nasional.

Pertama pengairan sawah di Takalar sangat bergantung dari Gowa. Sehingga bendungan ini nantinya 95 persen untuk kepentingan rakyat Takalar.

“Ada 6.150 hektar sawah yang akan diairi. Sehingga nantinya rakyat Takalar bisa sejahtera. Selama ini bergantung dari bendungan Bili-bili Gowa,” jelasnya.

Manfaat lainnya, bendungan ini juga bisa membackup air baku sebanyak 160 liter/detik, cukup untuk 320 ribu orang.

Juga dapat mereduksi dan mengendalikan ancaman banjir, dan sebagai konservasi untuk air tanah.

“Yang paling fenomenal lagi, bendungan ini juga memiliki potensi untuk pembangkit listrik tenaga air sebesar 4,3 MW, serta dapat dimanfaatkan untuk pariwisata,” lanjut Hamka.

Anggaran pembangunan Bendungan Pamukkulu ada 2 paket.

Paket pertama sebanyak Rp 855 miliar lebih. Paket kedua Rp 811 miliar lebih. Berarti bendungan ini akan menelan anggaran hampir Rp 1,7 triliun.

“Itu diluar pembebasan lahan,” tandas Politisi Golkar itu.

Dalam hal ini, Hamka mengaku bangga dan berterima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian PUPR sehingga bendungan ini bisa terealisasi.

“Rintisan proyek ini sejak 2014, ini janji saya saat pertama kali terpilih menjadi Anggota DPR adalah menyelesaikan bendungan Pamukkulu, Kabupaten Takalar,” ujar Hamka B Kady. (*)

Redaksi
Redaksi Sabtu, 29 Januari 2022 16:32
Komentar