Logo Header

Liga Inggris: Taklukkan Brentford 3 Gol Tanpa Balas, Liverpool Geser Chelsea di Posisi 2

Redaksi
Redaksi Senin, 17 Januari 2022 05:50
Liverpool saat menjamu Brentford di Anfield.
Liverpool saat menjamu Brentford di Anfield.

WAJAHINDONESIA.CO.ID, INGGRIS – Lanjutan Liga Inggris pekan ke-21, Liverpool sukses mempermalukan tamunya Brentford dengan skor telak 3 gol tanpa balas.

Gol Liverpool dibuat Fabinho di babak pertama yang dilanjutkan Alex-Oxlade Chamberlain dan Takumi Minamino di babak kedua. Tambahan tiga poin membuat Liverpool naik ke posisi kedua klasemen dengan 45 poin dari 21 laga, menggeser Chelsea ke posisi ketiga dengan 43 poin

Tapi, jarak dengan Manchester City di puncak klasemen masih terpaut 11 poin. Brentford tertahan di posisi ke-13 dengan 23 poin.

Liverpool cuma melakukan dua pergantian dari pertandingan terakhir kontra Arsenal di semifinal Piala Liga Inggris. Curtis Jones dan Alex-Oxlade Chamberlain menggantikan James Milner serta Takumi Minamino.

Meski mendominasi permainan sedari menit awal, Liverpool tampak kesulitan untuk membuat peluang berbahaya di pertahanan Brentford. Tanpa Sadio Mane dan Mohamed Salah, lini serang Liverpool terlihat tumpul.

Peluang pertama Liverpool didapat di menit ke-13 saat Chamberlain menyambut crossing Fabinho dari sisi kiri dengan kepalanya, tapi bisa ditepis Alvaro Fernandez. Sayang tidak dihitung sebagai shot on target karena sudah terjebak offside.

Semenit setelahnya giliran Trent Alexander-Arnold mencoba peruntungannya lewat sepakan jarak jauh ke pojok kanan atas gawang, tapi masih melebar.

Di menit ke-22, peluang on goal pertama Liverpool didapat Virgil van Dijk yang menerima korner Trent. Bola dikuasai sejenak, sebelum ditembak Van Dijk ke gawang tapi bisa dihalau Fernandez.

Jota dan Firmino tidak mampu menciptakan banyak peluang di sisa babak pertama ini. Bantuan dari sisi sayap, baik Trent maupun Andrew Robertson juga kurang mumpuni.

Brentford sesekali coba memaksimalkan kesalahan dari para pemain Liverpool, seperti di menit ke-39 saat bola direbut Ivan Toney di tengah lapangan. Toney menembak dari jarak jauh dan masih melebar.

Kebuntuan akhirnya pecah di menit ke-44 saat Fabinho menanduk bola korner Trent di tiang jauh. Meski dikawal pemain lawan, Fabinho masih bisa memasukkannya ke pojok gawang

Masuk di babak kedua, Liverpool langsung tancap gas untuk mendapatkan gol keduanya. Brentford malah mengancam duluan di menit ke-59 lewat Bryan Mbuemo yang menyerang dari sisi kanan, tapi tembakannya cuma menyasar sisi gawang.

Jota punya kans menggandakan keunggulan Liverpool di menit ke-67 lewat sepakan jarak dekatnya, yang bisa ditepis Fernandez dan mengenai tiang.

Liverpool mencetak gol keduanya di menit ke-69 ketika Chamberlain di tiang jauh menanduk bola crossing Robertson sehingga bersarang di pojok gawang.

Minamino yang baru masuk sebagai pengganti di menit ke-74, langsung bikin gol dua menit setelahnya. Diawali kesalahan oper pemain Brentford di kotak penalti, bola dicuri Firmino dan dioper kepada Minamino yang menyonteknya dari jarak dekat.

Pemain muda Kaide Gordon yang masuk menggantikan Diogo Jota nyaris membuat gol di menit ke-88. Mendapat umpan terobosan, Gordon tinggal berhadapan dengan Fernandez, tapi bola bisa ditepis.

Pertandingan Liverpool vs Brentford tuntas dengan skor 3-0.

Susunan pemain

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil Van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Curtis Jones; Alex Oxlade-Chamberlain (Takumi Minamino 74′), Diogo Jota (Kaide Gordon 82′), Roberto Firmino

Brentford: Alvaro Fernandez; Kristoffer Ajer, Pontus Jansson, Ethan Pinnock; Mads Roerslev, Vitaly Janelt, Christian Norgaard, Shandon Baptiste (Yoane Wissa 68′), Rico Henry (Sergi Canos 49′); Bryan Mbeumo (Mathias Jensen 79′), Ivan Toney.

Redaksi
Redaksi Senin, 17 Januari 2022 05:50
Komentar