Logo Header

Azwar Sosialisasikan Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif bagi Balita

Redaksi
Redaksi Kamis, 21 Oktober 2021 04:02
Azwar Sosialisasikan Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif bagi Balita

MAKASSAR, WAJAHINDONESIA.CO.ID – Pemberian air susu ibu (ASI) secara eksklusif menjadi upaya melahirkan generasi-generasi yang berkualitas. Saat ini pemerintah telah membuat regulasi untuk mendukung pemberian ASI eksklusif.

Itu disampaikan Anggota DPRD kota Makassar, Azwar pada kegiatan Sosialisasi Perda kota Makassar nomor 3 tahun 2016 tentang Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif.

Kegiatan tersebut digelar di Grand Town Hotel Makassar, Rabu (25/10/2021).

 

Azwar berujar perda ini harus disebarluaskan. Sebab ini sangat menyangkut kemajuan generasi penerus bangsa nantinya.

“Perda ini dibentuk untuk memberikan hak sepenuhnya kepada anak mendapat ASI mulai 0 sampai 2 tahun. Khusus ASI eksklusif sampai enam bulan pertama,” ujar Azwar.

Lebih lanjut, Anggota Komisi A ini berujar, ASI eksklusif ini sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Utamanya, membentuk kecerdasan anak dan pererat hubungan orang tua dan anak.

“Bayi ini akan menjadi penerus sehingga penting memberikan ASI eksklusif. Kita sebagai wakil rakyat wajib mensosialisasikan ini Perda,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyebut pembentukan anak dimulai 1000 hari pertama kehidupan manusia. Masa ini sebagai penentu kondisi seperti pembentukan IQ dan stunting.

“Sangat penting multivitamin dan ASI eksklusif masa enam bulan pertama tanpa bantuan asupan lainnya,” jelasnya.

Ia menambahkan kandungan dalam ASI yang dibutuhkan anak yakni colostrum. Zat ini tidak bisa dibentuk oleh makanan dalam bentuk susu formula kecuali ASI.

“Itu sangat berguna terhadap tingkat kecerdasan bayi. Ini ibarat memberikan ember besar dan sisa diisi oleh pertumbuhan si bayi,” ucapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih 100 orang dengan menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Redaksi
Redaksi Kamis, 21 Oktober 2021 04:02
Komentar